Rebut Peluang Bisnis dimasa sulit

Banyak peluang bisnis skala modal kecil untuk memanfaatkan trend bisnis yang marak di Kota-kota besar. Jadikan trends bisinis marak juga di kota-kota kecil lainnya. Seperti apa sebenarnya trends bisnis skala modal kecil. Sebenarnya tak sulit untuk menebak, kalau kita amati secara cermat tentang prilaku konsumen atau calon konsumen sudah nampak didepan mata kita. Barangkali yang perlu dicermati sejauh mana pengaruhnya terhadap nilai perkembangan bisnis. Ingat menghitung perkiraan untung ruginya sebuah bisnis yang akan dijalankan harus dapat dibayangkan sejak awal.
Kita ambil contoh Pertama: Produksi Gula Aren dan Gula Semut sudah jelas ada sebagai bahan baku utama yang potensial bukan ? Nah sekarang sedikit saja melakukan inovasi produk atau diversifikasi produk. Buat Kemasan ukuran berat lebih ringan dengan "memfokuskan" kemasan mungil ,indah dan menarik. Hanya dengan menambahkan kemasan dengan produk yang sama SUDAH MEMPUNYAI NILAI LEBIH.
Contoh Kedua : Produk Gula Aren digabung dengan Produk Kopi atau Produk Jahe lalu dikemas dengan kemasn yang menarik. Maka Jadilah Produk Baru yang Inovatif "Kopi Gula Semut" atau " Jahe Gula Semut". Buat iklannya yang sedikit menggigit dan bikinpenasaran calon konsumen. DIJUAL MINUMAN KOPI ISTIMEWA ATAU DIJUAL MINUMAN KESEHATAN JAHE GULASEMUT.
Masih banyak contoh-contoh lainnya yang bisa digali. Yang terpenting adalah keinginan yang kuat (Motivasi) dan kepandaian berinovasi (Inovatif) serta terus menggali ide cemerlang (Kreatif). Dan jangan lupa manfaatkan komunitas yang sudah melembaga, sebagai contoh membuat kelompok produksi dan pemasaran dikalangan Ibu-ibu PKK setempat lalu dipromosikan melalui PKK Kabupaten atau Kota Setempat. atau kelompok lain yang mempunyai anggota cukup banyak seperti Kelompok Petani, atau Kelompok PKL bahkan Kelompok Pengajian. Yang jelas kelompok-kelompok inilah yang nantinya menjadi mesin produktif untuk menggelindingkan usaha Home Industri bahkan lebih jauh lagi jangkauannya.

 Jika semuanya direncanakan dengan baik, bukan tidak mungkin akan muncul outlet outlet makanan khas, outlet-oulet kerajinan khas dan lain sebagainya yang akan menambah semarak bisnis "Oleh-oleh Khas Rangkasbitung" yang biasanya banyak dicari para pelancong atau tamu-tamu yang datang ke Kabupaten Rangkasbitung. Perjalanan sukses memang masih jauh didepan tetapi mustahil sukses dapat diraih tanpa perjuangan sejak awal. Sekarang hampir disetiap Kabupaten dan Kota di Indonesia sedang giat-giatnya menggali bisnis oleh-oleh dan cinderamata yang diyakini akan menjadi Trend yang tidak mengenal waktu.
Jadikan setiap jengkal tanah di kotamu menjadi tempat " Pamer Produk Khas Daerah" Bukan tidak mungkin dapat mempercantik kota dan daerah dengan maraknya bisnis "Oleh-oleh dan Cinderamata" Khas Daerah.
Sampai disini dahulu. Salam.
Penulis : Halimi, SE, MM.

This entry was posted in . Bookmark the permalink.

Leave a Reply